๐๐ง๐ญ๐๐ ๐ซ๐๐ฌ๐ข ๐๐ง๐ญ๐๐ซ ๐๐ฉ๐ฅ๐ข๐ค๐๐ฌ๐ข ๐จ๐๐๐ข๐๐ : ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐
โขยฐ. *เฟ ๐ฐ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ : ๐ด๐จ๐ฐ๐ณ ๐ด๐ฌ๐น๐ฎ๐ฌโขยฐ. *เฟ
๐๐ฎ๐น๐ผ ๐๐ฒ๐บ๐๐ฎ๐ป๐๐ฎ !! ๐ธ๐ฎ๐น๐ถ ๐ถ๐ป๐ถ ๐ธ๐ถ๐๐ฎ ๐ฎ๐ธ๐ฎ๐ป ๐บ๐ฒ๐บ๐ฏ๐ฎ๐ต๐ฎ๐ ๐บ๐ฎ๐๐ฒ๐ฟ๐ถ ๐๐ป๐๐ฒ๐ด๐ฟ๐ฎ๐๐ถ ๐๐ป๐๐ฎ๐ฟ ๐๐ฝ๐น๐ถ๐ธ๐ฎ๐๐ถ ๐ข๐ณ๐ณ๐ถ๐ฐ๐ฒ: ๐ ๐ฎ๐ถ๐น ๐ ๐ฒ๐ฟ๐ด๐ฒ
: อฬโ Apa itu Mail Merge?
fitur mail merge diartikan sebagai โSurat Massalโ, sebab fitur ini memang mendukung untuk pembuatan surat masal di Microsoft Word. Secara umum lagi, pengertian dari mail merge adalah suatu metode untuk membuat tulisan yang banyak dalam format yang sama secara lebih cepat dan praktis
: อฬโ Makna Mail Merge
Ada yang menyebut nya sebagai surat gabung, karena menggabungkan aplikasi, sehingga aplikasi utama dapat mengambil data dari aplikasi sumber. Salah satu contoh nya adalah Microsoft Word mengambil data yang ada pada Microsoft Excel. Selain surat gabung, ada yang menyebut mail merge sebagai surat masal. Disebut surat masal, dikarenakan mail merge biasa nya digunakan sebagai wadah pengiriman surat atau berkas ke banyak orang dengan menggunakan template yang sama, namun berbeda informasi datanya.
Surat gabung :
Menggabungkan sistem aplikasi sehingga aplikasi utama dapat mengambil data dari aplikasi sumber. Misalnya, dari microsoft word mengambil data yang ada pada microsoft excel.
Surat Masal :
Biasanya Mail Merge ini digunakan untuk mengirimkan surat atau berkas ke banyak orang dengan menggunakan template yang sama namun berbeda informasi datanya.
: อฬโ Fungsi Mail Merge
Fungsi dari Mail Marge sendiri adalah membuat sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama. Selain itu dengan adanya Mail Marge dapat mengirim ke penerima yang berbeda secara cepat dan mudah. Apalagi jika ada banyak yang ingin dikirimkan, maka sofware ini dapat sangat membantu sebab inilah fungsinya.
: อฬโ Langkah Langkah Membuat Mail Merge di word
Database adalah kumpulan dari data-data yang akan digunakan. Cara menggabungkan data dengan surat yang terdapat di Microsoft, yakni sebagai berikut.
1. Membuat File Sumber Data
Pada tahapan pertama, kamu perlu membuat file sumber data. Dibuat di Microsoft Excel yang sudah didesain khusus untuk membuat data secara manual. Adapun data ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jika hendak mengirimkan surat ke banyak alamat.
Maka file data umumnya berisi data penerima tersebut. Mencakup nama penerima surat, alamat penerima, nomor telepon, dan data lain yang sekiranya diperlukan. Sehingga silahkan mulai dengan membuat file data ini di Excel. Berikut contoh data tersebut:
Selain untuk surat, mail merge juga bisa untuk keperluan lain. Misalnya untuk menyusun biodata siswa melalui Microsoft Word maupun untuk keperluan lainnya. Intinya, jika ingin praktis memasukan detail data diri, alamat, dan sebagainya. Maka fitur mail merge bisa digunakan. Berikut contoh naskah utama untuk surat.
Tahap selanjutnya, masih di menu Mailings kini beralih ke sub menu Select Recipient. Setelah itu pilih menu Use Existing List, kemudian kamu bisa mencari file sumber data utama yang tadi dibuat di Excel. Detailnya sendiri ada pada gambar di bawah ini.
Tahap berikutnya adalah melihat hasil, tinggal masuk ke sub menu Preview Result yang masih ada di menu Mailings.
Untuk melihat data lain, maka tinggal klik tombol Next Record maupun Previous Record jika ingin melihat hasil data sebelumnya. Detailnya seperti pada gambar berikut:
-หห เผปโ ๐ฌ๐๐ค๐ข๐๐ง ๐๐๐ซ๐ข ๐ฌ๐๐ฒ๐ ๐ญ๐๐ซ๐ข๐ฆ๐๐ค๐๐ฌ๐ข๐ก ๐ฌ๐๐ฆ๐จ๐ ๐ ๐๐๐ซ๐ฆ๐๐ง๐๐๐๐ญ โเผบ หห-
Comments
Post a Comment